Diminta Kembali ke Kodratnya, Mantan Penyanyi Cilik Tr@nsgender ini Tidak Tinggal Diam


Kalian yang lahir tahun 90-an tentu ingat artis cilik berwajah imut Renaldy?

Saat itu Renaldy memang kerap menghiasi layar kaca lewat lagu-lagunya seperti "Ole-Ole" dan "Rukun dan Damai".

Selain menyanyi, ia juga menjadi pembawa acara Krucil di SCTV dan membintangi sejumlah sinetron laga seperti Misteri Gunung Merapi dan Karmapala.

Setelah lama tidak ada kabar beritanya, Renaldy kini ramai diperbincangan.

Dia menjelma menjadi sosok perempuan cantik dengan nama Denada Rachman atau Dena Rachman.

Tahun 2013 memutuskan menjadi seorang tr@nsgender, namanya pun menjadi sorotan publik.

Masyarakat Indonesia dengan adat ketimurannya tampaknya belum bisa menerima sosok yang dinilai kontroversial seperti Dena Rachman.


Di akun Instagram pribadinya, Dena Rachman kerap membagikan momen kegiatan dirinya, bahkan tak sedikit foto selfie cantiknya menghiasi timeline.

Dena Rachman diketahui telah implan payudara di Korea Selatan tahun 2014.

Berhasilnya operasi tersebut membuat dirinya makin percaya diri mengenakan pakaian terbuka menunjukkan sisi kewanitaannya.

Tak sedikit lantaran berani menampilkan foto seksi atau sedang berbikini, Dena Rachman kerap di-bully.

Banyak netizen yang menasihati Dena agar dirinya kembali ke jati diri sebagai seorang laki-laki.

Pada unggahan-unggahan sebelumnya, Dena Rachman bersikap pasif terhadap komentar bernada miring tersebut.

Namun kali ini berbeda, pada unggahan di akun Instagram pada awal tahun baru ini, Minggu (1/1/2017), Dena memamerkan rambut barunya yang indah.

"New year, new hair, new yeahhh!" ujar Dena pada caption foto.

Di antara komentar yang masuk, ada tanggapan netizen yang dibalas Dena.

syatila_shine, "Astaghfirullahaladzim,,,, mmpung ajal blm mnjmput,, kmbalilah pda kodrat u,,sbgai mna Allah mnciptakan mu."

Melihat komentar tersebut, pemilik bisnis sepatu Drama Shoes ini pun membalas, "@syatila_shine Kenapa mbak foto saya bikin kamu istighfar? Ada yang salah dengan foto saya?" ujar akun denarachman.

Sementara itu netizen lain juga banyak yang menasihati Dena.

umynafaeyza, "ttp aja kodrat awalnya sbg laki2,secantik apapun diubah pd dasarx jg terlahir sbg laki2...naudzubilahimindzalik."

byannurdin, "@debora_ratih klu @ratu_jubaidah maaf mba ga mngkin lah mau secantik apapun ga mngkin jd cewe tulen ga punya rahim ga bisa haid ga mnghina loh mba tpi nyata maaf jgn trsingung."

Dena Rachman lahir dengan nama Renaldy Denada Rachman di Jakarta pada tanggal 30 Agustus 1987.

Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara sekaligus anak lelaki satu-satunya, putra dari pasangan Acan Rachman dan Gina Rachman.

Ayahnya adalah seorang penari dan koreografer yang memiliki sebuah sanggar tari di Jakarta.

Dena menamatkan pendidikan di SMAN 6 Jakarta pada tahun 2005 dan kemudian melanjutkan studi ke FISIP Universitas Indonesia jurusan Komunikasi.


Setamat dari UI, ia melanjutkan studi master dengan mengambil jurusan Design, Fashion & Luxury Goods di Universitas Bologna, Italia.

Pada tahun 2013, nama Dena Rachman kembali menjadi perbincangan di Internet dan dunia hiburan Indonesia ketika ia memutuskan untuk menjadi seorang tr@nsgender.

Terkait dengan keputusannya ini, Dena mengungkapkan bahwa "seharusnya setiap orang bisa menghargai kehidupan dan keputusannya sebagai seorang tr@nsgender. Apalagi ia mengaku nyaman dengan keadaannya sekarang".

Meskipun sudah menjadi tr@nsgender sejak lulus dari FISIP UI pada tahun 2009, Dena menyatakan bahwa ia belum melakukan operasi payudara atau ganti kelamin. Ia sendiri baru melakukan operasi implan payudara pada bulan Oktober 2014 di Seoul, Korea Selatan. (wikipedia) (sumber: Tibunnews.com)

Share it :

Related Posts